Pelajaran Hidup Yang Berharga Dari Seorang Pedagang Asongan

http://www.registrykaskus.com/2012/07/pelajaran-hidup-yang-berharga-dari_18.html
Pelajaran hidup yang berharga dari seorang pedagang asongan - Maaf jika artikel saya kali ini kurang bagus, mudah-mudahan artikel ini bisa untuk menjadi sebuah bahan renungan untuk para sahabat.

Minggu sore, waktu saya baru pulang dari rumah seorang sahabat didaerah sawangan depok. Saya pulang sudah lumayan agak sore karena sempat ketiduran dirumah dia dan sudah seharian ini saya memang belum pulang kerumah.

Singkat cerita sore harinya saya pun akhirnya berniat untuk pulang kerumah, setelah berjalan beberapa puluh meter dari rumah sahabat ku ini menuju jalan raya aku pun langsung menyetop angkutan umum yang melalui jalan ini, tak pikir panjang saya pun langsung menyetop angkutan umum.

Ternyata di dalam angkutan umum ini penumpangnya hanya saya dan seorang pedagang asongan yang berjualan rokok sama-sama duduk dibagian pojok dan saya melihat dia (maaf) cacad fisik kira-kira jika saya tebak umurnya dia masih sepantaran dengan saya, karena angkutan umum yang saya naiki ini sepi dan saya pun mulai menyapa si tukang asongan ini sambil membeli sebungkus rokok.

Saya : bang ada rokok starmild??

Pedagang asongan : ada bang.

Saya : berapa bang??

Pedagang asongan : dua belas ribu bang "jawab si pedagang"

Saya pun memberikan uang lima belas ribu. Dan sambil menunggu dia mengembalikan uang yang tadi saya berikan, saya pun menyalakan sebatang rokok yang baru saja saya beli barusan, lalu saya pun mencoba melanjutkan obrolan dengan si pedagang asongan yang baru saya temui ini.

Saya : baru berangkat bang "tanya saya kepadanya"

Pedagang asongan : iya nih bang

Saya : emang biasa jualan dimana bang?? "tanya saya lagi kepada si pedangan asongan"

Pedagang asongan : ya tergantung bang kadang-kadang di lampu merah, kadang di terminal "jawab si pedagang asongan"

Saya : oh, udah lama bang jualan rokok "tanya saya lagi"

Pedangan asongan : udah lumayan lama bang, semenjak putus sekolah bang

Saya : loh kok bisa?, emang berenti di tingkatan berapa bang

Pedangan asongan : saya cuman lulus SD aja bang. Karena orang tua udah gak bisa biayain sekolah saya ya dari pada diem aja mending saya jualan lumayan buat bantu keuangan keluarga

dalam hati saya sempat mengucapkan rasa bersyukur, dulu saya bisa merasakan sekolah sampai tingkat yang lumayan tinggi, ternyata diluar sanah masih ada orang-orang yang nasibnya tidak seberuntung saya.

Lalu saya pun kembali bertanya kepada si pedagang asongan.

Saya : bang maaf nih agak menyinggung, situ kok mau yah jualan rokok padahal kan keadaan situ cacad bang, sekali lagi saya minta maaf bang kalo pertanyaan saya ini enggak sopan.

Pedagang asongan : gpp bang banyak sih bang orang yg ngomong kayak gitu bukan situ aja, saya gak pernah malu apalagi minder dengan keadaan saya ini bang malah saya bersyukur kok sama Allah SWT karena masih banyak bang yang gak seberuntung seperti saya ini.

Dalam hati saya berucap Subhanallah, dengan keadaannya ini dia masih bisa bersyukur kepada sang pencipta, saya saja belum tentu bisa mengucapkan rasa syukur kepada sang pencipta seperti si pedagang asongan ini.

Saya : hmm, salut saya sama situ bang punya kekurangan fisik tapi masih bisa mengucapkan syukur dan enggak menyerah dengan keadaan yang ada. "ucap saya kepada dia"

Pedagang asongan : lebih baik saya jualan bang dari pada saya minta-minta, banyak orang yang masih sehat aja kerjaannya meminta-minta, saya gak pernah mau bang kaya gitu saya punya prinsip lebih baik tangan di atas dari pada tangan di bawah bang.

Saya : iya juga sih bang, banyak memang saya liat orang yang sebenernya masih bisa bekerja dia malah minta-minta

Pedagang asongan : mangkanya itu bang walaupun saya cacad, saya gak pernah mau kayak gitu bang mending saya jualan ngasong kayak gini halal buat saya, ridho dari yang beli jadi daging di perut saya.

Saya : hahaha bisa aja situ bang "saya pun sedikit tertawa mendengar ucapannya"

Pedagang asongan : keadaan saya kayak gini tapi saya gak pernah mau putus asa menjalani hidup, walaupun saya cacad walaupun saya tukang asongan tapi pekerjaan saya halal dan gak menyusahkan orang lain.

Saya : yup bener banget tuh bang hidup ini memang harus selalu kita syukuri bang.

Pedangan asongan : bang saya duluan ya udah sampai, oh iya makasih ya bang udah ngasih panglaris buat saya.

Saya : yup, sama-sama bang semoga banyak penglaris hari ini ammiinn.

Karena angkutan umum yang saya naiki sudah sampai di daerah pasar lama, tempat dimana si pedagang asongan ini berjualan dia pun turun di lampu merah. Dari dia saya pribadi banyak mengambil pelajaran berharga tentang kehidupan, walaupun penuh kekurangan jangan pernah menyerah dengan keadaan dan walaupun kita mempunyai sebuah kekurangan syukuri lah kekurangan itu tak perlu di sesali apa lagi sampai harus putus asa.

Kita hidup di dunia ini hanyalah sementara. Nikmatilah hidup ini dengan apa adanya dan suyukurilah sebab saya sendiri sangat yakin Allah SWT lebih sayang kepada orang-orang yang selalu mensyukuri semua nikmat yang diberikan olehnya.

Kurang lebihnya saya minta maaf, bila ada kata-kata yang tak berkenan di dalam artikel saya kali ini, dan semoga artikel saya kali ini bisa bermanfaat untuk para sahabat-sahabat semua.

Semoga didalam hidup yang hanya sementara ini kita semua bisa selalu bersyukur kepada Allah SWT.



Pelajaran Hidup Yang Berharga Dari Seorang Pedagang Asongan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar