7 Tips Promosi UKM Di Waktu Masa Liburan

Buat temen-temen yang lagi menggeluti bidang Usaha Kecil Menengah (UKM), ane ada satu artikel berisi 7 tips nih semoga bermanfaat buat temen-temen semua yang lagi seneng menggeluti salah satu usaha / bisnis kecil-kecilan.

Di waktu masa liburan ini supaya bisnis kecil-kecilannya tetap jalan dengan memanfaatkan momen liburan seperti akhir tahun dan awal tahun nanti untuk meningkatkan omset dan keuntungannya. Bagaimana caranya?

Simak artikel berikut ini untuk memaksimalkan promosi usaha kecil anda di waktu liburan.

1.Rayakan Momen.

Ikut merayakan momen yang sedang berlangsung merupakan salah satu tips berpromosi bagi UKM. Misal, sedang momen Natal dan tahun baru, anda bisa juga buat promosi yang terkait hal itu. Jika anda punya toko offline, anda bisa sesuaikan dekorasi ruangan dengan tema tersebut. Begitupun untuk toko online. Anda bisa ikut merayakan momen tersebut dengan ikut menyebarkan konten seputar perayaan tersebut. Anda bisa isi kontennya seperti dengan tips persiapan menyambut momen tersebut seperti dalam posting di sini.

2.Gelar Promo Singkat.

Lakukan promosi singkat secara online. Misalkan minta kepada konsumen yang mengunjungi social media anda untuk ikut menyebarkannya. Sehingga pesan yang ingin anda sampaikan bisa tersebar secara luas dalam waktu singkat.
Promo dalam waktu singkat ini juga dimaksudkan agar bisa memacu sales lebih cepat.

3.Berikan Gratis Ongkos Kirim.

Dalam promosi anda itu, anda bisa juga tawarkan gratis ongkos kirim. Konsumen pasti akan senang karena tak perlu mengeluarkan tambahan biaya untuk pengiriman.
4.Sediakan Kupon Diskon.

Jika online marketing anda sudah jalan, anda bisa siapkan juga kupon diskon untuk menyambut momen tersebut. Biasanya para konsumen online gemar mencari kupon di momen-momen tersebut. Tujuannya jelas, agar mereka mendapatkan harga yang lebih spesial. Konsumen bisa mendapatkan produk yang diinginkannya, barang anda pun bisa cepat laku. Deal kan?

5.Spesifikkan Promo Terhadap Target Market.

Salah satu kelemahan UKM dalam berpromosi adalah kurang tajamnya promosi kepada target market yang spesifik. Bagi pemilik UKM, anda bisa belajar untuk berpromosi dengan lebih spesifik. Misal, target market produk anda adalah para ibu-ibu, anak muda, dan orang tua berusia 50 tahun ke atas. Pada masing-masing target market tersebut, anda bisa berikan promosi khusus agar promosi yang diberikan bisa lebih mengena dan maksimal. Evaluasi promosi yang anda lakukan bisa lebih baik.

6.Gelar Promo Bersama.

Anda bisa lakukan promosi bersama dengan UKM lainnya yang sedaerah. Usahakan dengan produk UKM yang tidak sejenis, tapi bisa saling melengkapi. Jadi, selain biaya promo yang dilakukan bisa ditanggung bersama, jangkauan pemasaran anda pun bisa lebih luas.

7.Maksimalkan Email Marketing.

Pada daftar kontak, anda bisa berikan ucapan misal Selamat Tahun Baru ke list email anda. Meski kelihatannya sepele, tapi sedikit banyak akan berpengaruh terhadap hubungan anda dengan konsumen.


Sumber


7 Tips Promosi UKM Di Waktu Masa Liburan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar