Budaya Kami Kembali Di Klaim


Budaya Kami Kembali Di Klaim - Artikel ku kali ini berhubungan dengan budaya indonesia, tentang tari Tor Tor yang berasal dari Sumatera Utara yang akhir-akhir ini ramai di perbincangkan. Dan kenapa artikel ini gw beri judul "Budaya Kami Kembali Di Klaim" karena saat ini budaya indonesia yang berasal dari Sumatera Utara ini kembali di klaim oleh negara malaysia, mereka mengklaim bahwa tarian itu adalah milik mereka.

Disaat aku tengah menonton salah satu berita di televisi betapa kagetnya aku ketika ada satu tayangan berita, disitu disebutkan bahwa tari Tor Tor yang berasal dari sumatera utara itu di klaim oleh malaysia. Dalam hati kembali bertanya apa maksudnya ini negara malaysia, mereka tak pernah ada habisnya mengklaim kebudayaan indonesia menjadi milik mereka setelah. batik, lagu rasa sayange, reog ponorogo, wayang kulit, kuda lumping, rendang, keris, angklung, gamelan jawa, tari pendet & tari piring, dan kini mereka kembali mengklaim bahwa tari Tor Tor milik mereka.

Apa mereka tidak punya budaya sampai-sampai mereka selalu mengklaim kebudayaan indonesia menjadi milik mereka, siapa yang salah sebenarnya ketika mereka dengan terang-terangan mengklaim budaya aseli indonesia menjadi budaya milik malaysia. Seribu tanya ada di kepala mencari jawaban dari itu semua apa dan kenapa, itu yang ada di dalam isi kepala ku, apa alasannya sehingga malaysia dengan terang-terangan mengklaim satu persatu budaya indonesia menjadi milik mereka. Dan kenapa mereka sampai bisa mengakui kalo itu semua adalah milik mereka yang berasal dari negeri ini?????

Ketika mereka mengklaim barulah orang-orang di negeri ini marah, mencacinya, menghinanya. Sebelum tarian ini di klaim kemana semua orang-orang itu, kenapa ketika sudah di klaim barulah mereka berbondong-bondong membahas permasalahan ini, membahasa tarian Tor Tor yang diklaim oleh malaysia. Lalu satu persatu jawaban terlintas di pikiran gw kenapa semua itu bisa terjadi, sebenarnya kita sendiri lah yang salah seharusnya sebelum kita marah dengan apa yang telah Malaysia lakukan terhadap negeri ini kita seharusnya terlebih dahulu mengintrospeksi diri kita masing-masing, sudah perduli kah kita dengan budaya kita sendiri???

Jawabannya adalah Belum

Ya kita semua belum perduli dengan budaya kita sendiri karena diri kita sendiri masih lebih bangga dengan budaya luar, mereka sudah lupa dengan budaya-budaya negeri ini yang sangat berharga sekali , ya mereka lebih suka dengan budaya luar sedangkan budaya negeri sendiri di acuhkan bahkan di anggap tak pernah ada.

Seandainya kita bisa melestarikan, menghargai dan menjaga budaya yang telah diwariskan turun temurun seperti apa yang telah nenek dan kakek moyang kita lakukan selama ini, sudah tentu semua itu gak akan pernah terjadi bukan.

Dan ketika semua ini sudah terjadi barulah mereka berbondong-bondong bertanya tentang tarian Tor Tor itu seperti apa dan berasal dari daerah mana, barulah mereka sibuk marah dengan mencaci dan memaki Malaysia, barulah mereka semua punya rasa nasionalis yang tiba-tiba mendadak besar untuk negeri ini.

Justru aku sangat berterimakasih kepada Malaysia karena telah kembali mengingatkan dan menyadarkan kepada bangsa ini, bahwa sebenarnya negeri ini masih memiliki kebudayaan dan tarian seperti tari Tor Tor, dengan adanya klaim tari Tor Tor dari pihak Malaysia semua anak muda di negeri ini sekarang kembali mencari tau apa itu tari Tor Tor bahkan gw sangat yakin banyak yang tertarik untuk mempelajari tarian Tor Tor dari Sumatera Utara ini.

Banyak yang bilang aku gak nasionalis dan gak perduli dengan kebudayaan negeri ini, lebih baik aku gak pernah mengaku mempunyai jiwa nasionalis tetapi aku tetap bangga dengan kebudayaan betawie yang selalu di ajarkan oleh orang tua ku, dari aku kecil sampai sekarang dan insya allah kebudayaan itu akan selalu tetap ku jaga dengan baik seperti orang tua ku yang menjaganya dan mengajarkannya kepada diriku.

Ada baiknya kita menjaga dan melestarikan kebudayaan kita agar kelak suatu hari nanti anak cucu kita masih bisa menikmati dan kembali melestarikan kebudayaan yang beraneka ragam di negeri ini. Dan semoga tak ada lagi kebudayaan yang menjadi kebanggaan negeri ini yang di ambil oleh Negara lain.

Mari kita kembali melestarikan kebudayaan yang ada di negeri ini janganlah bangga dengan budaya luar tapi banggalah terhadap budaya negeri sendiri, karena siapa lagi kalo bukan kita yang menjaga warisan yang telah diberikan oleh ibu pertiwi untuk kita semua.

Semoga artikel ku kali ini bermanfaat dan bisa membuka mata kita semua bahwa negeri ini masih punya banyak budaya yang harus kita jaga dan kita lestarikan bersama-sama.





>

Budaya Kami Kembali Di Klaim Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar