Sebutan Untuk Format Film

Buat temen-temen yang suka download film pasti butuh banget nih penjelasan tentang kualitas film yang mau kita download, biasanya hanya singkatan saja yang di cantumin si uploader contoh seperti : CAM, TS, TC, SCR, DVDRip dan masih banyak lagi.

Karena keingin tahuan gw dengan singkatan-singkatan jenis-jenis format film ini akhirnya gw pun bertanya sama opa google.

Nah kali ini gw bantu mengelompokan jenis-jenis sebutan untuk film yang mau kita download, semoga bermanfaat :beer:

CAM: Tipe ini merupakan kualitas terburuk dari sebuah film. Sumber film direkam dari bioskop dengan menggunakan video kamera portabel / handycam. Selain gambarnya buram, suaranya juga buruk, karena banyak noise yang ikut terekam, misal suara penonton. Diantara itu semua yang paling menyebalkan adalah, gambar kadang sering bergerak-gerak,terkadang ada bayangan orang yg lewat ataupun sedang berdiri hal ini pasti sangat mengganggu sekali buat kita.

TELESYNC (TS): Kualitasnya gambarnya sama dengan CAM, hanya bedanya hanya di suaranya yang agak lumayan, soalnya suaranya direkam lewat line khusus, biasanya di bioskop ada line khusus yang biasanya digunakan untuk orang yang pendengarannya terganggu, nah si pembajak menggunakan media ini.

TELECINE (TC): Mesin telechine (telesinema) mengcopy (menduplikat) film secara digital langsung dari pita film proyektor (reels). Gambar dan suara sih sudah cukup bagus gan namun karena perkembangan alat telesinema dan biaya pembuatan yang cukup mahal membuat tipe ini sudah jarang di pasaran.

SCREENER (SCR): Film jenis ini biasanya dicopy dari video VHS yang telah resmi di release. Ciri khas film dengan flag ini adalah, masih adanya peraturan undang-undang hak cipta di awal film tersebut. Kualitasnya cukup baik, karena dicopy dari sumber aslinya langsung. DVD-SCREENER (DVDScr) Sama dengan SCREENER hanya pada tipe ini, data diubah kedalam format DVD.

DVDRip Sumber film di copy dari DVD release resminya. Kualitasnya sangat baik, karena langsung dicopy dari sumber aslinya.

VHSRip Merupakan hasil copyan dari kaset VHS yang sudah dirilis secara resmi. Jaman sekarang sudah mulai jarang tapi paling banyak jenis ini adalah video olahraga, rekaman TV dan tentunya bokep (buat yg suka download bokep nih format videonya hahah)

R5 Sama dengan DVDRip, namun sourcenya berasal dari DVD yang telah release terlebih dahulu di Rusia.

TVRip / Episodes Film dengan jenis ini, biasanya direkam langsung pada saat film tersebut sedang disiarkan. Kulitas bergantung pada stasiun televisi yang menyiarkan, apakah film tersebut disiarkan dalam format high definition atau tidak. Kalau film tersebut disiarkan dengan format high definition, maka kualitasnya akan sangat baik. mulai dr beneran film, dokumenter, tv show, konser musik, video clip, etc.. Kalo si ripper-nya tipe pemalas, semua sama iklan2-nya turut direkam..

DSRip (Digital Satelite) Direkam dari transmisi satelite, kualiatasnya baik, biasanya di encode dalam format xvid.

PDTV (Pure Digital TV) Film jenis ini direkam melalui jaringan TV digital dengan menggunakan Tv Tuner yang mendukung format digital. Kualitasnya sangat baik, biasanya di encode dalam format xvid.

HDTV (High Definition TV) Sama dengan PDTV.

WORKPRINT (WP) Merupakan salinan dari film yang belum selesai, bisanya terdapat adegan yang hilang, suara yang tidak beraturan. Kualitas film dengan tipe ini bevariasoi, dari yang paling baik hingga yang paling buruk.

DivX Re-Enc Merupakan film yang disalin dari DVD / VCD aslinya, damun di encode ulang, untuk menghasilkan ukuran yang lebih kecil. Tipe ini sering dijumpai pada dunia underground dan fansub. Contoh film-film anime biasanya tergolong ke dalam jenis ini.

Selain tipe-tipe di atas masih ada lagi istilah tambahan. Berikut gw coba jelasin istilah tambahannya.

PROPER Merupakan tipe revisi dari release bajakan sebelumnya. Misal di awal film bajakan di release, film tersebut memiliki kategori Telesync (TS), dengan kualitas yang buruk, lalu ada kelompok lain yang merelease film yang sama dengan tipe yang sama-sama Telesync (TS) juga, namun dengan kualitas yang lebih baik dari release sebelumnya, biasanya kelompok tersebut manambahkan kata PROPER, untuk menandakan bahwa versi bajakan yang ini lebih baik dari sebelumnya.

LIMITED Film dengan kategori ini, biasanya hanya film yang haya ditayangkan di bioskop-bioskop tertentu saja.

INTERNAL Merupakan film yang hanya di release untuk komunitas tertentu saja.

STV Straight To Video, merupakan salinan film yang tidak pernah di release ke publik.

WS Berarti widescreen atau film tersebut menggunakan fortmat layar lebar.

FS Berati Full Screen.

REPACK Merupakan perbaikan dari release sebelumnya apabila pada release tersebut terdapat cacat. itu penjelasan beberapa singkatan-singkatan format film, semoga bisa membantu temen-temen semua, penjelasan ini gw dapat dari beberapa referensi blog yang gw search di google :beer:

Sebutan Untuk Format Film Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar