Mengenal Lebih Dekat Sebuah Rencana Reklamasi

Mengenal Lebih Dekat Sebuah Rencana ReklamasiReklamasi sebenarnya dapat memberikan keuntungan dan dapat juga membantu kota dalam rangka penyediaan lahan untuk berbagai keperluan pemekaran kota misalanya, penataan daerah pantai, pengembangan wisata bahari, dan lain-lain. 

Pembangunan kawasan komersial akan mendatangkan banyak keuntungan ekonomi bagi wilayah tesebut, hal ini pastinya menimbulkan asumsi, semakin banyak wilayah komesil yang dibangun maka akan semakin meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). 

Menurut undang-undang no.27 tahun 2007 pasal 34 menjelaskan bahwa, hanya dapat lilaksanakan jika manfaat social dan ekonomi yang diperoleh lebih besar dari biaya social dan biaya ekonominya.

Namun harus diingat pula bagaimanapun reklamasi adalah bagian dari campur tangan manusia terhadap keseimbangan ekosistem yang telah ada dalam keadaan seimbang dinamis. Jika kita melakukan reklamasi berdasarkan ketentun-ketentuan, reklamasi itu sendiri bisa berdampak positif seperti :
  1. Ada tambahan daratan buatan hasil pengurugan pantai sehingga dapat dimanfaatkan untuk bermacam kebutuhan.
  2. Daerah yang dilakukan reklamasi menjadi aman terhadap erosi karena konstruksi pengaman sudah disiapkan sekuat mungkin untuk dapat menahan gempuran ombak laut.
  3. Daerah yang ketinggianya dibawah permukaan air laut bisa aman terhadap banjir apabila dibuat tembok penahan air laut di sepanjang pantai.
  4. Tata lingkungan yang bagus dengan perletakan taman sesuai perencanaan, sehingga dapat berfungsi sebagai area rekreasi yang sangat memikat pengunjung.
Perencanaan dan studi harus mendalam perihal Pekerjaan Reklamasi seperti: (Indonesia Water Institute. 2012)
  1. Pengendalian Dampak Negatif Lingkungan
Campur tangan manusia terhadap alam akan berimbas kepada ekosistem yang ada di laut sebelumnya, maka perlu dilakukannya pencegahan dampak meluas akibat reklamasi ini. Salah satu contoh: ketika Reklamasi Pantai Indah Kapuk selesai, maka persoalan muncul, ketika jalan Tol ir Sedyatmo (Tol Bandara) mengalami banjir beberapa pendapat dikarenakan limpasan dari area Pantai Indah Kapuk.
  1. Supply Air dan Energy
Air dan Energy akan dibutuhkan di daerah pengembangan termasuk juga di daerah rekalamasi, dari sini perencana harus memperhitungkan betul dari mana sumber energy dan listrik. Contoh kasus : bandara Kansai, Jepang, menggunakan Energi Listrik dari Angin untuk memenuhi kebutuhan listrik.
  1. Transportasi yang Terintegrasi
Pengembangan daerah akan berdampak pada arus transportasi di daerah akan meningkat, maka daerah utama dan daerah reklamasi harus diperhitungkan arus transportasi agar menghindari kemacetan karena tidak adanya integrasi dari daerah reklamasi dan daerah utama (daerah asli) . Contoh : Reklamasi di Incheon sebagai Bandara Internasional Korea Selatan, di bangun 3 moda transportasi yaitu, Jlan raya, Kereta, dan Subway untuk menghindari stagnan arus transportasi.
  1. Tata Ruang dan Wilayah
Hal ini tidak terlepas dari awal perencanaan dari Reklamasi. Lahan hasil reklamasi akan digunakan sesuai kebutuhan maka master plan tata ruang dan wilayah harus benar- benar dikerjakan dan diawasi pelaksanaannya. Hal ini menghindari penyebaran daerah kumuh / tak tertata dari sebuah kawasan.
  1. Struktur Lapisan Tanah Reklamasi
Hal ini merupakan syarat utama dari ketahanan struktur. Kekuatan lahan reklamasi terhadap abrasi dan beban bangunan diatasnya harus diperhitungkan agar tidak terjadi kerugian yang besar.

Tata ruang suatu wilayah tertentu kadang membutuhkan untuk direklamasi agar dapat berdaya dan hasil guna. Untuk pantai yang diorientasikan bagi pelabuhan, industri, wisata atau pemukiman yang perairan pantainya dangkal wajib untuk direklamasi agar bisa dimanfaatkan.

Terlebih kalau di area pelabuhan, reklamasi menjadi kebutuhan yang wajib untuk pengembangan fasilitas pelabuhan, tempat bersandar kapal, pelabuhan peti-peti kontainer, pergudangan dan sebagainya. 

Dalam perkembangannya pelabuhan ekspor - impor saat ini menjadi area yang sangat luas dan berkembangnya industri karena pabrik, modal angkutan, pergudangan yang memiliki pangsa ekspor - impor lebih memilih tempat yang berada di lokasi pelabuhan karena sangat ekonomis dan mampu memotong biaya transportasi.

Mengenal Lebih Dekat Sebuah Rencana Reklamasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar